REFORESTATION


REFORESTATION


Reforestation 2020 merupakan program kerja divisi alam KPLA berupa penanaman pohon yang dilakukan secara rutin setiap tahun dan telah mencapai tahun kelima semenjak pertama kali dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan program kerja kedua untuk divisi alam pada kepengurusan KPLA periode 2020, sekaligus pendakian perdana yang dilakukan oleh angkatan termuda, yaitu GPN XXXI sehingga program kerja ini wajib untuk dihadiri oleh angkatan termuda. Reforestation 2020 dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 7-8 Maret 2020. Kegiatan ini diadakan dengan bantuan Komunitas Tandur Indonesia yang telah bekerja sama dengan KPLA semenjak kegiatan ini pertama kali dilaksanakan dan juga Gen Corps yang ikut berpartisipasi dalam penanaman pohon kembali. Penanaman pohon dilakukan pada daerah puncak bayangan Gunung Penanggungan yang ditempuh melalui jalur Tamiajeng. 


Kelompok pendakian kami dibagi menjadi dua kloter, yaitu kloter pagi dan sore. Kloter pagi bertugas untuk mengolah perbekalan makanan dan mendirikan tenda, sedangkan kloter kedua bertugas untuk membawa pohon dan perbekalan kelompok. Terjadi beberapa hambatan sebelum keberangkatan kloter kedua yang menyebabkan keterlambatan keberangkatan dan pendakian yang dimulai malam hari. Kloter kedua melanjutkan pendakian dengan meningkatkan kewaspadaan dikarenakan kondisi jalur yang lebih licin akibat hujan yang tidak kunjung reda sepanjang malam sehingga menyebabkan waktu yang ditempuh menjadi lebih lama dibandingkan kloter pertama.

Penanaman pohon dilakukan pagi hari pada keesokan harinya setelah kami cukup mengisi energi. Total terdapat sebelas pohon buah yang telah kami tanam. Alasan pemilihan pohon yang dapat berbuah dikarenakan pohon yang telah dewasa dapat menghasilkan buah dan menjadi sumber makanan bagi habitat yang ada di sekitar daerah puncak bayangan Gunung Penanggungan. Komunitas Tandur Indonesia yang secara rutin membantu menjaga pohon yang telah kami tanam, menceritakan bagaimana kegiatan yang kami lakukan telah memberikan sedikit perubahan di daerah tersebut berupa lebih banyaknya lebah dari tahun sebelumnya dan satwa yang ikut merasakan dampak baik dari pohon yang telah berbuah. Kegiatan ini diadakan untuk memperkenalkan angkatan termuda mengenai sikap yang harus ditumbuhkan terhadap alam dan cara yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga lingkungan sehingga sikap ini dapat terus diwariskan dan diharapkan semakin banyak orang dapat ikut berpartisipasi.