KHITAN MASSAL 2019


KHITAN MASSAL 2019




Pada tanggal 29 Desember 2019 telah diadakan khitan massal di Masjid Al Muslimun, Rungkut Barata V, Surabaya. Khitan massal merupakan job medis tahunan KPLA yang bekerja sama dengan berbagai pihak, antara lain Keluarga Muslim PPDS Rehab Medik Surabaya, Pengurus Masjid Al Muslimun Rungkut, Gerakan Peduli Kemanusiaan (Gerpik), dan Cahaya Sedekah Amal (CSM). Acara ini diikuti oleh anggota KPLA sebanyak 57 orang. 


Persiapan khitan massal dilakukan sejak beberapa minggu sebelum hari pelaksanaan khitan massal. Persiapan yang dilakukan antara lain persiapan alat dan bahan, rapat koordinasi, dan review untuk anggota KPLA. Rapat koordinasi beberapa kali dilaksanakan oleh Divisi Tim Bantuan Medis, Keluarga Muslim PPDS Rehab Medik, dan Pengurus Masjid Al Muslimun. Di samping itu, Divisi TBM KPLA melaksanakan review untuk mempersiapkan ilmu anggota KPLA mengenai sirkumsisi, terutama untuk GPN XXXI yang masih baru. Review dilaksanakan sebanyak dua kali untuk benar-benar memantapkan ilmu anggota KPLA yang akan mengikuti khitan massal supaya tidak terjadi malpraktik. 


Khitan massal dimulai pukul 08.00, diawali dengan sambutan dan pembukaan. Sekitar pukul 08.30, peserta khitan massal sudah memasuki ruang khitan. Ada enam bed khitan dan pos obat. KPLA membantu menjadi operator, asisten, menjaga pos obat, dan sterilisasi alat. Khitan massal ini merupakan sarana menerapkan ilmu para anggota KPLA yang sudah diperoleh baik di bangku kuliah maupun praktik di rumah sakit/klinik. 


Peserta khitan massal berjumlah 31 orang yang berasal dari Surabaya dan sekitarnya. Dalam pelaksanaannya, terlihat antusiasme dari warga daerah Rungkut Barata V. Walaupun diiringi tangis peserta khitan dan hiruk-pikuk panitia, acara berjalan dengan lancar. Acara selesai sekitar pukul 15.00 dan ditutup dengan sesi foto bersama.